Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rekomendasi Hp Limbah Jepang Murah Snapdragon 855

Konten [Tutup]

    Hp limbah jepang

    Kadjiro.com - Apa bila anda sedang mencari handphone murah dengan kualitas flaghsip. Tetapi budget anda pas-pasan, maka solusinya adalah hp ex jepang. Atau biasa disebut hp limbah Jepang.

    Kenapa disebut limbah Jepang ? Karena hp tersebut bekas pemakaian orang Jepang. Yang masih dalam kondisi bagus dan layak dipakai. Entah kenapa orang Jepang hobi berganti hp, padahal hpnya masih layak pakai dan masih tergolong hp terbaru.

    Biasanya setiap setahun mereka selalu mengganti gawainya dengan model terbaru. Apakah budaya teknologi Jepang yang berkembang sangat cepat sehingga orang disana merasa takut ketinggalan teknologi terbaru! Mungkin saja.


    Jadi, menurut pendapat saya mereka berganti hp bukan karena hp itu rusak. Tetapi karena takut ketinggalan teknologi terbaru. Jadi bisa dipastikan hp limbah Jepang yang beredar dipasar Indonesia juga masih bagus dan mulus.


    Bagaimana dengan harga? Apakah benar-benar murah. Jawabnya iya, misal Sony mengeluarkan hp flagship terbarunya dengan harga awal rilis 10jt. Setelah 1 atau 2 tahun harganya bisa hanya 3jtan dipasar Indonesia. Sebagai contoh Sony Experia 1 dulu awal rilis harganya 11jt pada tahun 2019. Sekarang tinggal berapa ditahun 2022? Lihat screenshoot harga dishoppe ; 


    Hp limbah Jepang


    Bagaimana? Penurunan harga yang sangat drastis bukan! Apakah anda tertarik untuk menjajal hp flagship limbah jepang dari berbagai merek yang terkenal . Misal, Sony experia dan Sharp Aquos? Jika iya dibawah ini saya akan merekomendasikan 5 hp flagship ex jepang yang masih worth it dibeli di tahun 2022.

    5 rekomendasi hp limbah Jepang yang masih layak dibeli tahun 2022


    Sony Xperia 1


    Hp limbah jepang


    Dengan spesifikasi - layar : 6.5 inch OLED Kamera : triple kamera 12mp. Kamera selfi : 8mp. Ram : 6gb/ 128gb ( Snapdragon 855 ) Baterai : 3330mAh. 

    Dari spesifikasi diatas hp ini masih sangat layak digunakan di tahun 2022. Bahkan lebih baik dari hp midrage saat ini dengan harga diatasnya. Memakai Snapdragon 855 membuat performa gaming sangat lancar. Kamera memiliki tone warna alami khas Sony. Dan baterai yang sudah support fast charging 18w. Yang dapat mengisi 0% sampai 60% dalam waktu 30 menit. 


    Salah satu hal yang menarik dari hp ini adalah desain yang premium dan unik. Yaitu model memanjang dan feel premium sangat terasa ketika memegangnya. Coba saja bedakan dengan hp midrange jaman sekarang. Feelnya sangat jauh. 

    Sharp Zero 2


    Hp limbah jepang


    Dengan spesifikasi - Layar : 6,4" OLED. Prosessor : Snapdragon 855. Ram : 8/258gb. Kamera utama : dual kamera 20 dan 12mp. Baterai: 3130mAh. 

    Layar OLED super jernih dengan refreshrate 240 hz super smooth ketika dipakai scrol-scrol atau membuka aplikasi. Ditenagai chip Snapdragon 855 memberikan performa yang cepat dan anti lemot. Untuk bermain mobile legends atau pubg sangat cocok, support sampai 60fps karena disenjatai chip dan layar kelas atas. Untuk ukuran baterai memang kecil, dibanding hp jaman sekarang. Tetapi sudah support qc 3.0 dimana dapat mengisi daya dengan cepat. 


    Kelebihan hp ini menurutku ada di refresh rate 240 hz. Kenapa ? Karena semakin tinggi refresh rate layar akan semakin smooth ketika membuka aplikasi, scrol Instagram atau browsing, sehingga nyaman dimata. Rata-rata hp flagship dipasaran hanya support sampai 120hz. 

    Sharp Aquos r3


    Hp limbah Jepang


    Spesifikasi singkat - Layar : 6.2 inch IGZO. Prosesor : Snapdragon 855. Kamera utama : dual kamera 12.2mp + 20.1mp. kamera selfi : 16.3mp. Ram : 6gb / 64rom. Baterai : 3200mAh 

    Desain Aquos R3 memiliki dua buah poni diatas untuk kamera dan dibawah untuk fingerprint. Banyak pro kontra mengenai desain hp ini. Karena memang unik dan beda dari yang lain. Disaat banyak merek menghilangkan poni untuk pengalaman layar yang lebih lega. Aquos r3 malah memberi poni diatas dan dibawah. 


    Mungkin masalah desain yang unik ini akan menjadi pertimbangan juga bagi kamu ketika ingin membeli. Tetapi soal performa jeroan Aquos r3 masih lebih baik dari prosesor midrange zaman sekarang. Buat bermain mobile legend atau pubg pasti ngacir berkat sd855 dan layar 120hz. Untuk kamu yang mementingkan performa prosesor. Dan juga harga yang lebih murah dari xperia 1 dan Zero 2. Maka Aquos r3 adalah pilihan yang tepat. 


    Sony Xperia 5


    Hp limbah Jepang
    phonearena.com


    Spesifikasi singkat - Layar : 6.1 inch type: OLED HDR. Chip: Snapdragon 855. Ram : 6gb/128gb. Kamera utama : triple kamera 12mp. Kamera selfi ; 8mp. Baterai : 3120mAh. 

    Desainnya terlihat hampir sama dengan xperia 1 namun 5 lebih pendek dan lebih ringan. Sama sama rilis tahun 2019. Namun Xperia 5 masih dibawah experia 1 secara keseluruhan fiturnya. Tetapi 5 sudah support dual SIM sementara 1 tidak. Jika kamu lebih membutuhkan dukungan dual SIM , lebih baik ambil x5 saja . Karena harga lebih murah dan perbedaan kualitasnya juga tidak terlalu jauh. Bahkan bisa dibilang hampir sepadan.


    5. Sony xz 3


    Hp limbah Jepang


    Spesifikasi singkat - layar : 6 inch P-Oled 3d curve. Chip: Snapdragon 845. Ram 6gb/64gb. Kamera utama : single 19mp. Kamera selfi : 13mp. Baterai : 3300mAh 18w fast charging. 

    Walaupun memakai SD 845 namun masih wort it untuk bermain game. Apabila pertimbangan kamu adalah hp murah berkualitas dan kuat bermain game. Maka xz3 adalah pilihan yang tepat. Memiliki layar P-Oled yang super jernih dengan kerapatan pixel 545ppi. Juga support video HDR dan dual speaker. Cocok untuk menikmati multimedia. Seperti menonton YouTube atau Netflix . 


    Namun sayang tidak tersedia Jack audio 3.5mm. namun masih bisa diganti dengan converter USB DAC to Jack 3.5mm. Beli DAC yang kualitasnya bagus supaya dapat mengeluarkan kualitas audio yang jernih.


    Jika kamu memutuskan untuk membeli hp ex Jepang, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu supaya tidak ada penyesalan dikemudian hari. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak dibawah ini. 


    Yang perlu diperhatikan Sebelum membeli hp limbah jepang


    Tidak ada garansi resmi


    Wajar tidak ada garansi resmi karena hp second dari luar negeri yang distribusinya tidak melewati distributor resmi. Jadi tidak ada yang menjamin jika barang cacat atau mengalami kerusakan. Kecuali jika anda membelinya di toko online yang mau memberikan garansi. Biasanya ada segel kecil yang tidak boleh sobek. Masa berlakunya pun cuma seminggu. 


    Tanya secara detil 


    Membeli hp limbah Jepang via online memang harus sedikit cerewet kepada penjualnya. Karena kita tidak tau barang seperti apa yang akan dikirim , bisa jadi proses pemilihanya random. Jadi kasih note supaya penjual memilihkan hp yang mulus nominus 95% dan warna sesuai pilihan.


     Hp tidak terdaftar di Indonesia 


    Karena merupakan pruduk tidak resmi yang beredar di Indonesia. Maka akan ada kemungkinan IMEi terblockir. Lalu apa dampaknya jika IMEi terblockir? Hp jadi tidak bisa digunakan untuk telpon dan terhubung ke internet. Karena tidak bisa menerima sinyal dan WiFi. 


    Sebenarnya dapat diatasi dengan membayar jasa buka blokir IMEi. Tetapi harganya lumayan mahal.


    Beli ditoko yang memberikan garansi IMEi atau sinyal


    Ini yang paling penting. Kenapa ? Karena hp limbah Jepang sangat rawan hilang sinyal, penyebabnya karena pemerintah memblokir semua hp tidak resmi yang beredar di Indonesia. Jadi pilih lah toko yang memberikan garansi IMEi sinyal. Ada beberapa toko di marketplace yang memberikan garansi selama setahun. Jadi pintar pintarlah memilih tempat untuk membeli dan baca deskripsi barang secara lengkap supaya tidak ada penyesalan dikemudian hari. 


    Jangan tergiur harga terlalu murah


    Jika ada penjual yang menjual harga terlalu murah , dan murah nya pake banget. Itu patut dicurigai. Bisa jadi barangnya banyak minusnya. Mungkin juga imeinya telah terblockir. Jadi tetap pakai akal dalam membeli. Pilih toko yang terpercaya, biasanya terlihat dari jumlah yang terjual dan baca komentar testimoninya.


    Terbatasnya sparepart yang tersedia


    Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa hp ini adalah hp limbah Jepang. Dan tidak resmi di Indonesia. Maka servis center nya pun tidak ada. Sebenarnya ada untuk merek Sony dan Sharp tetapi mereka juga hanya mau melayani hp yang resmi.


    Solusinya adalah anda yang harus mencari spareparts sendiri digrub Facebook komunitas hp tersebut. Terkadang ada yang menjual pretelan spareparts dari hp yang mati total. Tinggal cari yang anda butuhkan. Lalu bawa ke tukang servis terdekat. 


    Kesimpulan 


    Dari daftar hp ex Japan diatas kira kira yang mana spesifikasinya atau desain yang cocok dengan kamu? Apakah kamu mementingkan kamera, baterai atau prosesornya? semua daftar diatas memakai chip yang sama yaitu Snapdragon 855 kecuali xz3 (sd845) Yang cocok dipakai untuk bermain game dengan kualitas fps tinggi. Dan juga perekaman video 4k. 


    Mungkin perbedaanya ada didesain dan kamera . Masing masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Sedangkan baterai juga tidak ada perbedaan jauh yaitu 3000an. Tetapi menurutku baterai bukan masalah besar karena sudah support fast charging.


    Akhir kata pembahasan tentang rekomendasi hp ex Jepang atau limbah Jepang. Apakah masih layak untuk digunakan di tahun ini?  menurutku masih sangat layak. Kenapa? Karena chip masih tergolong baru dan kualitas kamera juga masih bisa bersaing dengan hp midrange jaman sekarang. 


    Terima kasih.